Apa Itu Subtitle?

pengertian subtitle atau teks terjemahan secara umum
Suka nonton film Hollywood? Misalnya film-film produksi Marvel Cinematic Universe. Seperti Iron Man, The Incredible Hulk, The Avengers, dan lain sebagainya. Coba lihat di bagian bawah film yang kamu tonton. Ada tulisan yang muncul ketika pemeran dalam film tersebut berbicara. Nah, tulisan itulah yang di sebut dengan nama Subtitle.
 
apa itu subtitle

Pengertian Teks Terjemahan (Subtitle) Secara Umum

Secara umum teks terjemahan atau subtitle adalah suatu file terjemahan yang berupa tulisan atau teks dari suatu film yang akan ditampilkan pada sebuah film berbahasa asing dengan tujuan penikmat film bisa mengerti apa yang sedang dibicarakan oleh tokoh-tokoh dalam film tersebut. Hal ini mungkin saja terjadi karena biasanya teks terjemahan yang dibuat dan ditambahkan kedalam video atau film tersebut menggunakan bahasa ibu (bahasa sehari-hari) yang mereka gunakan pada suatu negara atau wilayah tertentu.

Macam-Macam Format Teks Terjemahan (Subtitle)

Ada bermacam-macam format teks terjemahan atau subtitle yang bisa kita buat dan kita temui, tapi yang cukup banyak digunakan antara lain :
  • SRT (SubRip Caption) - Ini merupakan format teks terjemahan yang paling sering saya gunakan jika ingin menambah subtitle kedalam sebuah film atau video. Format waktu yang digunakan dalam SRT adalah jam:menit:detik,milidetik. Milidetiknya dibuat dalam bentuk 3 desimal. Contoh : 00:10:12,450 --> 00:10:15,850 (format waktu pertama sebelum tanda --> untuk munculnya subtitle dalam video, sedangkan format waktu kedua sesudah tanda --> untuk menghilangnya subtitle dalam video)
  • SUB - Ini merupakan format kedua yang biasa saya gunakan jika format SRT tidak ada. Format waktu yang digunakan dalam SUB adalah jam:menit:detik.milidetik. Milidetiknya dibuat dalam bentuk 2 desimal. Contoh : 00:10:12.45,00:10:15.85 (format waktu pertama sebelum tanda koma untuk munculnya subtitle dalam video, sedangkan format waktu kedua sesudah tanda koma untuk menghilangnya subtitle dalam video)
  • TXT - Ini merupakan format yang menjadi standarisasi jika kita membuat subtitle dengan menggunakan notepad.

Macam-Macam Teks Terjemahan (Subtitle)

Secara umum subtitle terdiri dari dua bentuk yaitu Open Subtitle (subtitle yang bersifat terbuka untuk semua. Tidak bisa dihilangkan atau dimatikan oleh penonton) dan Close Subtitle (subtitle yang sengaja dirancang untuk kelompok tertentu. Bisa diaktifkan, dimatikan atau dipilih oleh penonton). Dalam peredarannya (distribusi) dimasyarakat, subtitle ini menjelma menjadi 3 bagian yang masing-masing terikat sama dua bentuk subtitle diatas. Ketiga jenis subtitle yang saya maksudkan diatas adalah :
  • Hardsub
Ini merupakan bagian dari Open Subtitle. Subtitle yang tidak bisa diubah lagi karena telah digabungkan dengan frame video yang asli. Efek transisi yang sangat kompleks dan animasi seperti pada teks lirik lagu karaoke yang menggunakan berbagai macam warna, huruf, ukuran dan animasi untuk mengikuti lirik lagunya dapat diterapkan dalam subtitle jenis ini. Selain itu subtitle jenis ini tidak bisa dihilangkan atau dimatikan dan juga tidak memungkinkan subtitle jenis ini memiliki beberapa pilihan bahasa dalam sebuah film ataupun video.
  • Softsub
Ini merupakan bagian dari Close Subtitle. Subtitle yang berupa teks petunjuk terpisah dari frame video yang asli dan sengaja dirancang untuk mereka yang suka download film gratis diinternet. Biasanya subtitle ini terpisah dari videonya dan memiliki format .sub, .srt, .ass dan lain-lain.
  • Prerendered
Ini juga merupakan bagian dari Close Subtitle. Subtitle jenis ini memang terpisah dari frame videonya tapi posisinya dilapisi diatas video asli. Subtitle jenis ini bisa ditampilkan, dihilangkan, diedit dan biasanya mendukung pilihan berbagai macam bahasa. Sering digunakan untuk membuat subtitle DVD dan Blu-Ray.

Aplikasi Pembuat Teks Terjemahan (Subtitle)

Ada bermacam-macam aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat teks terjemahan, aplikasi tersebut rata-rata tersedia secara gratis. Aplikasi yang saya maksud adalah :
  • Notepad - Ini merupakan aplikasi pembuat subtitle bawaan windows yang cukup sederhana. Format dasar subtitle yang dihasilkan adalah .TXT. Jika anda ingin menyimpannya dalam format yang lain seperti .SRT atau .SUB, pada saat menyimpan  pilih “All Files” pada kolom “Save as type” kemudian isikan nama diikuti format subtitle pada kolom “File Name”. Contoh : Kahoo Na Pyaar Hai.SRT 
  • Subtitle Workshop - Ini merupakan aplikasi pembuat subtitle yang disertai timing dan tombol standar video (play, pause dan stop) guna mempermudah pekerjaan anda.
  • Aegisub - Ini merupakan aplikasi pembuat subtitle yang kaya akan fitur-fitur penunjang yang bertujuan mempermudah pekerjaan anda. Fitur-fitur yang saya maksudkan tersebut antara lain Translation Assistant (untuk mentranslate subtitle), Shift Time (untuk memaju atau memundurkan waktu penampilan subtitle), Style Manager (untuk merubah warna, font, ukuran font dan posisi penempatan subtitle) dan Dummy Video (untuk membuat subtitle berjalan atau memutar di sumbu X, Y dan Z)

Daftar Situs Penyedia Subtitle Film Gratis

Sebenarnya banyak sekali situs penyedia subtitle film gratis diluaran sana. Anda bisa search di google dengan kata kunci "Tempat Download Subtitle Fim". Tapi, di kesempatan kali ini saya akan bagikan 5 situs penyedia subtitle film gratis yang menurut saya cukup menarik untuk anda coba. Adapun ke 5 situs yang saya maksudkan adalah :
  1. Opensubtitles
  2. Allsubs
  3. Subscene 
  4. podnapisi.net
  5. sublight.si
Kayaknya itu saja yang bisa saya bahas dalam tulisan pertama ini. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya 👌
LihatTutupKomentar